Welcome

welcome to my world..

welcome to my life..

welcome to my heart..


-enjoy it-

Saturday, December 26, 2009

Rokok adalah Teman

knp rokok? krn aku dikelilingi manusia2 penuh asap:)

Sering ada di bungkus rokok,di iklan rokok "rokok dapat menyebabkan BLABLA.." yang akhirnya cuma jadi hiasan doank..

Setau aku,iklan rokok itu ga boleh ada adegan ngerokoknya,terus harus ditayangin diatas jam 9 pm,terus tetep si peringatan hiasan itu kudu hadir..

Emang ngaruh yah? siapa sih yang ga pernah ngeliat orang ngerokok? di jalan,di angkot,bahkan di sekolah..anak kecil juga udah tau apa itu ROKOK..belum lagi anak sekarang kan diatas jam 9 juga sering ntn TV..

kalo peringatan itu ada manfaatnya kenapa perokok aktif terus2 an bertambah? mmmmh..

pernah ada orang bilang,Kita ga bisa bilang ke perokok kalo rokok itu penuh racun,rokok itu bisa nyebabin blablabla,,toh semua itu sang perokok juga tau,bahkan lbh tau..
Rokok adalah teman..

kenapa orang kalo lg stress,lg banyak pikiran,lg tegang..memilih buat ngeroko..?
karena pengaruh NIKOTIN...
Pengaruh si nikotin terhadap saraf pusat dan perilaku itu bisa meningkatkan kewaspadaan, mengurangi ketegangan mental pada waktu stres, meningkatkan daya ingat jangka pendek, memperpendek waktu reaksi, mengurangi rasa lapar serta meningkatkan perhatian..

rokok bisa ngasih kepuasan fisiologis yang akhirnya berdampak ma kenikmatan psikologis..

terus kenapa rokok itu jadi ancaman?
menurut aku,jawabannya karena banyak dari perokok itu menyayangi dirinya sendiri,dan banyak orang yang menyayangi si perokok..

bagaimana seseorg tega menyakiti dirinya sendiri secara perlahan,dan menyakiti org lain di sekitarnya?
hampir semua perokok,dalam hati kecil mereka,pengen berhenti ngerokok..

tapi kenapa ga? efek dari diberentiinnya rokok secara tiba2 bakal nimbulin gejala putus zat yg berat..yg berakibat ningkatnya kecemasan,penurunan konsentrasi sama peningkatan berat badan..


Siapa sih yang mau ngelepas gitu aza kenikmatan yg dia rasain? apalg kalo ngeliat org laen ngerokok..berenti merokok stlh sekian lama ga ngerokok itu painful buat sang perokok..

Seringkali,untuk menghibur diri mereka sendiri,perokok sering berjanji, "gw berenti ngerokok pas gw nikah", ato pas blabla.. dan itu ngebuat mereka lbh tenang..
berhenti ngerokok itu ga gampang, tapi bukan hal yg mustahil..
karena rokok adalah teman,dan teman itu sulit buat ditinggalin..gmn kalo cari "teman" lain? teman yang bukan hanya bisa ngasih kenikmatan psikologis,tp juga ga ngebahayain bagi siapapun..
menurut aku,kuncinya cuma 1, buat berubah, kita harus MAU berubah,, :)
teruntuk sang perokok2 dlm hatiku^_^..

1 comment: